polaris88-Login di Raja polaris88, dapatkan tautan alternatif untuk Olympus

login Link 1   login Link 2  login Link 3

polaris88 juga memperhatikan keberagaman kebutuhan pemain mereka dengan menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang aman dan nyaman. Dari transfer bank hingga dompet digital, pengguna dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

  • Medan (ANTARA) - Ketua Umum PSSI periode 2016-2019 Edy Rahmayadi menilai PSSI lebih baik membenahi pembinaan daripada melakukan naturalisasi pemain untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

    "Indonesia yang berpenduduk 278 juta jiwa menaturalisasi pemain dari negara yang berpenduduk 28 juta. Ini perlu dievaluasi,polaris88" ujar Edy di Medan, Rabu.

    Menurut Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 itu, untuk menghasilkan pesepak bola berkualitas perlu dilakukan pembinaan mulai dari akar rumput.

    PSSI bersama pemerintah, lanjut Edy, idealnya dapat hadir memberikan beragam fasilitas sepak bola mulai dari tingkat desa.

    "Sekolah-sekolah sepak bola sudah seharusnya diperbanyak. Kalau bisa satu desa satu lapangan. Sekarang ini saya melihat lebih banyak tempat jualan daripada lapangan," kata dia.

    Untuk itu, Edy menyarankan PSSI untuk memanfaatkan wawasan dan pengetahuan sepak bola wakil ketua umum mereka, Ratu Tisha Destria.

    Ratu Tisha yang menjabat sekretaris jenderal PSSI saat di bawah kepemimpinan Edy di PSSI, dianggapnya memiliki konsep persepakbolaan nasional yang baik.

    "Ratu Tisha itu mempunyai konsep yang cukup bagus. Saya yakin sekali kalau konsep Tisha dilaksanakan sampai ke tingkat provinsi akan banyak pemain bagus yang dihasilkan," tutur Edy.

    Pada awal 2017, Edy sempat mengeluhkan sedikitnya jumlah pemain sepak bola di Indonesia yakni hanya sekitar 67.000 orang dari total jumlah penduduk Indonesia.

    Saat itu dia membandingkan kondisi tersebut dengan negara lain, misalnya Malaysia yang dikatakannya memiliki sekitar 585.000 pesepak bola dari sekitar 24,4 juta penduduknya. Lalu di Thailand ada 1,3 juta dari 64 juta penduduk dan di Eropa, misalnya Spanyol, mempunyai 4,1 juta pemain sepak bola dari 46,8 juta penduduk.

    Baca juga: PSSI umumkan 10 sanksi dari Komite Disiplin bagi tim dan pemain

    "Saat ini susah sekali mencari pemain sepak bola. Contohnya, untuk PSMS di Liga 2, saya harus mencari pemain sampai ke Jawa Timur, Jawa Barat. Itu pun harus rebutan. Begitulah sulitnya mencari atlet sepak bola ini," kata Edy.

    Sementara terkait kompetisi, Edy mengutarakan keyakinan bahwa kualitasnya akan semakin bagus seiring dengan apiknya program pembinaan.

    "Kompetisi itu 'goal' dari pembinaan," tutur pria berusia 62 tahun itu.

    Saat Edy memimpin PSSI periode 2016-2019, tim nasional Indonesia termasuk di level umur menggunakan jasa beberapa pemain naturalisasi seperti Ezra Walian, Alberto Goncalves, Ilija Spasojevic, dan Stefano Lilipaly.

    Kecuali Lilipaly yang sudah menjadi WNI sejak 2011, ketiga nama lain berstatus WNI pada rentang 2017-2018 atau ketika Edy duduk di kursi ketua umum PSSI.

    Pada periode kepemimpinan Edy Rahmayadi, PSSI melakukan naturalisasi demi memenuhi target menjuarai SEA Games 2017 di Malaysia dan empat besar Asian Games 2018 meski akhirnya kedua target tersebut tidak tercapai.

    Baca juga: Meshaal Osman bangga bisa berseragam timnas Indonesia U-20
    Baca juga: Indra tegaskan tak akan panggil pemain yang tidak berpaspor Indonesia


    Pewarta: Michael Siahaan
    Editor: Eka Arifa Rusqiyati
    Copyright © ANTARA 2024